Kidnapped (Secuestrados) (2010)

Seorang lelaki, Jaime, sedang menyetir mobilnya menuju rumah barunya. Marta, istri, dan Isa, putrinya sudah menunggu kedatangannya. Disana terlihat sekali ribet dan gaduhnya rumah mereka akibat perpindahan tersebut. Disaat sedang ribetnya rumah mereka yang berantakan, Isa merengek-rengek kepada Ibunya untuk keluar malam ini bersama teman prianya, Caesar. Namun hal itu tidak disetujui Ibunya karena dirinya mau merayakan perpindahan rumah barunya dengan makan malam bersama. Ya namanya juga cinta monyet dan masa remaja, jadi susah sekali untuk dikekang. Belum lagi restu dari sang bapak yang merestui kepergian dirinya malam nanti. Malamnya ketika Marta dan Jaime sedang berada di kamar, dan Isa sedang siap-siap berangkat ke luar rumah, mereka dikejutkan oleh tiga orang bertopeng yang mengusik rumah mereka. Ketiga manusia bertopeng tersebut akhirnya mendekap mereka dan merampas seluruh harta bdenda dan uang milik mereka. Keselamatan mereka bertiga pun kini berada di tangan ketiga manusia bertopeng tersebut.

Melihat judul film ini masuk coming soon gue sudah tidak terlalu memperdulikannya. Itu disebabkan karena gue melihat trailer film ini kurang begitu meyakinkan, walaupun adanya embel-embel menang di sebuah Festival tahun 2010. Yak film ini berjudul Kidnapped atau Secuestrados. Film ini berasal dari negeri matador atau Spanyol. Nah ngomong-ngomong soal film Spanyol, terakhir gue juga sempat menonton film bergenre sama yaitu Julia Eye’s di tahun 2010 silam. Nah ketika menonton film itu, gue memang puas dan merasakan sesuatu yang beda dengan tipe film Spanyol khususnya thriller. Nah apakah Kidnapped atau Secuestrados bisa meluluhkan hati gue setelah tidak tertarik dengan trailernya? Simak curhatan josep berikut ini tentang film Kidnapped atau Secuestrados.

Secara keseluruhan Kidnapped atau Secuestrados menurut gue secara pribadi memiliki cerita yang tidak spesial karena tidak kuatnya cerita film ini. Kalau ditelesuri lebih lanjut, gue merasa ganjal dari faktor tiga pria bertopeng tersebut melakukan penculikan atau penggeledahan terhadap rumah baru Jaime. Ya setidaknya adalah penjelasan sedikit kenapa mereka melakukan semua itu. Nah, gue juga dikejutkan dengan adanya potongan-potongan adegan yang tidak sama seperti yang dibicarakan teman-teman movie blogger saya ketika mereview film ini. Walaupun menurut mereka tidak penting tapi cukup menarik. Nah, ketidakpentingan bagi mereka biasanya menjadi suatu ketertarikan gue sendiri. Tapi ya mau bagaimana lagi, karena pihak bioskop yang menayangkan film memotong adegan-adegan tersebut dengan seenaknya saja.

Para pemain disini tidak semuanya menarik untuk disimak. Yang cukup mencuri perhatian saya adalah penampilan Manuella Vellés yang bereperan sebagai Isa. Sifat keras kepala dan egoisnya cukup menarik walaupun terlihat mengganggu sekali sebenarnya di adegan awal. Nah yang paling penting ketika dirinya meluapkan emosinya ketika dilecehkan oleh salah satu pria bertopeng tersebut, serta ekspresinya ketika di ending film ini *spoiler alert*.

Kalau Fernando Cayo terlihat datar sekali ekspresinya, entah memang itu karakter dia sesungguhnya. Begitu pula dengan Ana Wagener sebagi Marta, terlihat juga kurang mengekspolrasikan emosinya dalam film ini. Chemistry Ana dengan Fernando juga sangatlah hambar. Kalu ketiga bertopeng tersebut, rasanya tidak usah dikomentari karena bagian mereka sangatlah sedikit diutarakan disini.

Teknik pengambilan kamera di film ini cukup menarik karena ada beberapa scene yang dilakukand engan pengambilan one take saja. Serta adanya penggabungan dua adegan dalam satu layar juga bisa membuat gue tertarik dengan film ini. Sebagai pemenang sutradara terbaik di sebuah ajang Fantastic Film Festival 2010, Miguel Ángel Vivas, rasanya gue secara pribadi kurang sreg dengan hasil tersebut karena banyaknya kekurangan film ini.

Unsur ketegangan untungnya terjaga hingga akhir film ini. Gue berharap adanya unsur kesadisan-kesadian dalam film ini, namun rasanya terlalu sia-sia saja jika menonton film ini di bioskop karena adanya unsur pemotongan adegan tersebut. Sekarang pilihan di tangan anda! :cheers:

2,5/5

Trailer:

Komentar