Tuesday, July 12, 2011

Hello Ghost (헬로우 고스트) (2010)

Sang-Man tinggal sendiri di sebuah kamar sewaan yang mencoba bunuh diri dengan meminum sebanyak-banyaknya pil. Dia melakukan hal tersebut karena selama ini hidupnya sendiri tanpa keluarga yang utuh dan lengkap alias yatim piatu. Ketika pemilik kamar sewaan mendatangi dirinya untuk menagih uang kamar sewaan, dirinya tiba-tiba pingsan seketika dan segera dibawa ke Rumah Sakit. Setiba di Rumah Sakit, kejadian aneh pun menimpa Sang-Man setelah dirinya siuman. Dia memiliki kemampuan melihat hantu-hantu yang memiliki sifat aneh. Ada hantu bapak-bapak gendut yang hobi merokok, ada juga hantu perempuan yang selalu menangis di dalam lemari, belum lagi hantu anak kecil yang bandel, dan terakhir hantu bapak tua yang berpikiran kotor. Sang-Man rasanya ingin mereka semua pergi dari kehidupannya karena masalah selalu dihadapi dirinya. Belum lagi masalah percintaannya kepada seorang suster di tempat dirinya pernah dirawat. Suatu hari perasaan berat selalu menghinggap di dalam dirinya jika harus mengusir mereka dari kehidupannya selama ini.

Hello Ghost drama komedi yang berasal dari Korea kali ini merupakan film pertama Korea yang saya tonton. Maklum saya masih pendatang baru di dunia belantika perfilman *halah, jadinya baru film-film Thailand saja yang saya tonton (itupun baru 10 film di tahun ini). Konon kabarnya film Korea itu untuk bergenre drama biasanya lebih nampol penghayatannya dan bisa membuat penonton berlinang-linang air mata bahkan banjir. Hmm rasa penasaran pun gue rasakan ketika mau menonton film Hello Ghost, apalagi gue bisa dibilang telat 1 minggu menonton film ini *maklum banyak kegiatan*. Daripada kelamaan curhat, simak aje curhatan josep berikut ini tentang film Hello Ghost 헬로우 고스트 ini.

Perasaan ditinggali orang yang kita sayangi rasanya cukup berat untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Apalagi ditinggalkan oleh darah yang mengalir dari tubuh kita sendiri yaitu keluarga. Nah itu bisa dibilang inti cerita yang mau disampaikan oleh Young-Tak Kim melalui film Hello Ghost. Hello Ghost bisa dibilang debut film yang cukup sukses penghayatan dan makna ceritanya. Penyampaian pesannya pun dapat banget dan setelah menonton film ini penonton jadi lebih memiliki suatu pikiran untuk bisa lebih menyayangi orang di sekitarnya terutama keluarga.

Para pemain yang mengisi pun bisa dibilang bermain dengan sangat baik dan sangat menghayati perannya. Sebut saja, Tae-hyun Cha, Kang Hye-Won, Moon-su Lee, Chang-Seok Ko, Bo-geun Cheon, Young-nam Jang. Scoring yang begitu menyatu dengan suasana galau semakin membuat keadaan tersebut semakin sangat galau. Sinematografi yang dihadirkan cukup baik walaupun tidaklah istimewa. Mungkin yang bisa diancungi jempol yaitu dari sisi visualnya yang membuat ide bagaimana kelakuan-kelakuan yang biasa dilakukan para hantu. Contohnya ada penggambaran dari asap yang menyerupai asap rokok tapi bisa membuat rasa dingin, serta efek-efek blow-up.

Nah dari kelebihan-kelebihan tadi, Hello Ghost tidak luput dari kekurangan yaitu cerita di pertengahan entah kenapa gue merasakan boring sekali. Syukur-syukur kalau ada yang merasakan hal yang sama dengan gue. Akan tetapi untungnya sang sutradara berhasil membalikkan mood penonton dengan cepat ketika membawakan cerita yang menarik dan bisa dibilang twist menuju akhir film tersebut. Okei overall Hello Ghost bisa dibilang drama Korea pertama yang gue tonton dan berhasil membuat gue jatuh cinta kepada film Korea karena begitu menyentuh hati dan mencucurkan air mata. Recommended! :cheers:

4/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment