Wednesday, July 6, 2011

Attack The Block (2011)

Kumpulan geng anak remaja jalanan yang beranggotakan Moses, Pest, Dennis, Jerome dan Biggz dikagetkan oleh sebuah makhluk asing dari langit yang menghantam sebuah mobil dekat mereka, ketika melakukan perampokan kepada seorang fresh graduated keperawatan, yang bernama Sam. Salah satu dari teman Moses menduga itu hanya sebuah petasan saja, akan tetapi Moses merasakan sesuatu yang aneh dan rasa penasaran kepada makhluk asing tersebut pun semakin kuat dirasakannya. Dengan modal keberanian, Moses memeriksa apa sebenarnya itu yang telah membuat rusak parah mobil tersebut. Dan ternyata, makhluk besar dengan gigi taring dan berbulu lebat menyerang Moses dari dalam mobil tersebut. Dengan sigap, Moses pun tidak sengaja membunuh makhluk tersebut dengan benda tajam.

I'm killing 'em, I'm killing 'em straight.

Akhirnya, mereka membawa makhluk tersebut ke salah satu teman mereka yaitu Ron. Ron adalah seorang pecinta acara televisi National Geographic, jadi pasti dia akan mengetahui sejarah makhluk yang dibawakan mereka. Setelah kejadian tersebut, ternyata “hujan” makhluk asing tersebut semakin banyak memenuhi daerah mereka tempati. Moses dan kawan-kawannya pun bingung dan mencari cara untuk membasmi semua makhluk asing tersebut.

Kalau boleh jujur, gue bertekad tidak akan menonton film ini ketika melihat trailer film ini sebelum pertunjukan salah satu film yang akan gue tonton. Kenapa? Karena trailer film ini terlihat seperti film kelas B yang berbau alien atau sejenisnya. Dan,,,,, setelah salah satu teman movie blogger saya menonton dan mengulas film ini serta memberikan statement bahwa film ini akan menjadi salah satu kandidat film terbaik tahun ini. Kata-kata pertama kali yang langsung terlintas di pikiran gue adalah “Seriously? Hmmm…” Dan ketika membaca ulasannya pun gue menjadi tertarik untuk menonton film ini. #plaaaak *labil mode on* Okei daripada penasaran ulasan gue tentang film Attack The Block, simak curhatan josep berikut ini.

Attack The Block dibuat oleh Joe Cornish dengan paket hemat yang menghibur! Kalau diibaratkan dengan makanan, gue menonton film ini ibarat sedang makan di warung sederhana namun penyajian tidak kalah mewah dengan makanan di Hotel berbintang lima atau lebih. Ini bukan fiktif belaka! Karena skenario yang dibuat oleh Joe Cornish sendiri pun dibuat begitu sederhana tapi memiliki makna di dalamnya. Pesan yang diangkat begitu simple, yaitu kalau lo melakukan kesalahan maka lo juga harus siap menanggung segala resiko yang ada di depannya nanti. So simple tapi cukup sulit untuk dilakukan bukan?

Selain penyajiannya yang hemat dan menghibur, penampilan para pemain disini pun tidak kalah menarik. Lihat saja gaya penampilan mereka serta bahasa tubuh yang mereka lakonkan sungguh hidup dan seperti tidak dibuat-buat. Sebut saja John Boyega, Alex Esmail, Franz Drameh, Leeon Jones dan Simon Howard. Selain anak-anak remaja tersebut, tidak kalah menarik penampilan Luke Treadaway yang lugu dan bodoh dengan tingkah lakunya.

Pemanis dari film ini yaitu Jodie Whittaker juga bisa menyatu cepat dengan karakter-karakter Moses dkk. Oh iya tidak lupa juga penampilan karakter Probs dan Mayhem yang unyu dan menggemaskan! Untuk seniornya, Nick Frost terlihat sekali disini cuma sebagai tempelan saja, karakter dirinya tidak begitu digali disini, ya mungkin itu tadi yang saya bilang film ini begitu hemat penyajiannya.

Tidak lupa juga scoring dari film ini sangatlah JUARA! Pengisi soundtracknya CATCHY banget!! Kaki gue saja sampai menghentak-hentakkan secara reflek tidak sengaja. Okei, pada intinya Attack The Block memberikan efek visual alien yang bagus dan menarik dengan budget yang konon kabarnya low budget. Cerita pun tidak se-low budgetnya karena memiliki pesan tersendiri yang begitu mendalam. Ya kalau lo pengen merasakan “sensasi” alien yang serupa beruang campuran anjing atau sejenisnya, Attack The Block bisa dijadikan pilihan buat lo tonton di bioskop! Selamat menonton. :Cheers:

4/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment