Monday, May 2, 2011

Exam (2009)

Cerita berkisah tentang 8 calon pegawai CEO yang bersaing untuk mendapatkan satu posisi di perusahaan Saham terbesar itu. Mereka itu adalah John Lloyd Fillingham si tuli kacamata. Gemma chan, Chinese woman. Adar Beck, cewe Dark berkacamata. Pollyanna McIntosh si brunette. Luke Mably, si White. Jimi Mistry, si Brown. Nathalie Cox si blonde. Chuk Iwuji si Black. Disana mereka ditempati dalam satu ruangan dan diawasi oleh seorang invigilator dan seorang penjaga. Di dalam sana para kompetitor diberikan satu buah kertas kosong dan 1 buah pensil, dan mereka harus menjawab satu pertanyaan dalam waktu 80 menit akan tetapi kertas tersebut harus tetap rapi dan bersih. Lalu bagaimanakah para kompetitor dapat memecahkan hal tersebut dengan baik?

Satu lagi karya dari perfilman Hollywood yang low budget dan hanya mengandalkan satu setting, yaitu EXAM. Jika mau flashback, ada beberapa film Hollywood yang pengambilan tempat shootingnya hanya di satu tempat, sebut saja Buried (peti mati), Paranormal Activity (rumah), Devil (lebih menyorot ke Lift). Film yang disturadarai oleh Stuart Hazeldine adalah karya ketiga beliau dalam kancah perfilman loh. Karya beliau ini juga masuk nominasi di ajang BAFTA Awards 2010. Suatu prestasi yang menakjubkan! Film yang ditulis oleh beliau sendiri dengan dibantu oleh Simon Garrity membuat film ini semakin penuh misteri dan tanda tanya yang harus dipecahkan.

Pengenalan masing-masing karakter di awal film belum menunjukkan petunjuk mau kemana jalan cerita film ini, barulah ketika pertengahan ketika ada konflik film ini baru jelas sebenarnya mau dibawa kemana (kok kayak judul lagu yak?). Ketegangan dari awal film hingga pertengahan film ini bisa membuat saya mengacungi 4 jempol ke film ini. Akan tetapi begitu melihat endingnya seperti itu saya mulai menurunkan sedikit 1 jempol saya kepada film ini. Bagaimana tidak, ketegangan dan teka-teki yang sudah dibuat hingga pertengahan eh tiba-tiba pas tahu endingnya seperti itu jadinya agak boring dan bête.

Pembawaan karakter dari pemain di film ini bisa dibilang mampu memancing emosi penonton (terutama saya), jadi bisa dibilang mereka mampu memainkan karakter mereka dengan baik. Sosok misterius diantara mereka pun terjawab di ending film ini, dan ini juga merupakan suatu hal yang tidak terduga-duga jika diperhatikan dari awal film. Efek-efek musik yang menegangkan juga menjadi kelebihan dari film ini. Overall, bisa dibilang film ini suatu karya film low budget dengan skenario lumayan bagus dan patut untuk ditonton agar kalian bisa menjawab dari pertanyaan teka-teki di film ini. If you against my rule, you’ll be disqualified. Are you ready to be disqualified?

3,5/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment