Tuesday, May 3, 2011

Breach (2007)

Cerita bermula ketika Eric seorang pegawai baru FBI yang ditugaskan oleh Kate untuk menjadi mata-mata Robert Hanseen. Robert Hanseen adalah dulunya terkenal sebagai seorang agen yang jahat. Eric akhirnya menjadi pegawai atau sekretaris dari Robert Hanseen. Misi dan Visi Eric pun dimulai. Dia dengan lihai mampu membuat Hanseen menjadi agak sedikit mulai percaya kepada dirinya, padahal di pertemua pertama dengan dirinya Hanseen tidak begitu percaya dengan Eric. Komunikasi dua arah melalui pager dan telepon selular miliknya menjadi penghubung Eric untuk berbagi informasi dengan Kate. Namun suatu hari, Eric mulai bingung dengan Visi dan Misi yang dia lakukan karena dia melihat sosok Hanseen adalah begitu suci dan sangat rohani. Perubahan jiwa rohani Eric pun secara langsung bisa berubah karena beliau. Nasihat demi nasihat dari Hanseen tentang rohani pun membuat Eric langsung tersadar. Namun demikian semua itu tetap tidak disukai oleh istri Eric yang bernama Julian. Dia tetap tidak suka Eric menjadi pegawai seorang agen jahat yang bernama Hanseen tersebut. Percekcokan antara Eric dengan Julian pun terjadi, demikian juga dengan Hanseen ketika Hanseen yang mulai curiga dengan gerak-gerik Eric. Lalu bagaimanakah kisah akhir cerita Breach? Apakah visi dan misi Eric berhasil pada akhirnya?

Karya dari seorang Billy Ray kali ini bisa dibilang sebuah karya beliau yang menarik untuk ditonton. Disamping itu cerita dari Breach diangkat dari sebuah kisah nyata seorang agen FBI yang menjadi mata-mata negara Rusia yang kurang lebih sekitar 2 dekade. Bahkan si agen FBI tersebut masih cukup Hits dibicarakan di dunia nyata saat ini. Lalu bagaimana kisah nyata jika dibuatkan dalam sebuah cerita film? Apakah Billy Ray yang menjadi penulis dan sutradara film ini mampu bercerita dengan baik sehingga tidak mengundang kontroversial terhadap orang yang diceritakan?

Menurut gue pribadi ketika mengetahui cerita di 5 menit pertama film ini tentang FBI gue sungguh tertarik karena gue juga penikmat cerita seperti itu. Seorang Ryan Phillippe disini yang awalnya seorang yang angkuh mampu berubah menjadi seorang bawahan yang patuh kepada atasannya, Hanseen. Sosok Chris Cooper disini juga bisa dibilang mampu beriguana dengan baik, bagaiman tidak dia seorang mantan agen jahat bisa berubah dengan drastis menjadi seorang beriman bahkan bisa mampu meyakini orang lain agar bisa berubah dan mengikuti dirinya. Pengalaman dari Ryan Phillippe dan Chris Cooper bisa dibilang cukup banyak di dunia perfilman holywood. Sebut saja Ryan Phillippe pernah bermain di film Franklyn,Flags Our Father, The Lincoln Lawyer, dan puluhan film lainnya. Begitu pula dengan Chris Cooper yang juga punya pengalaman di film The Bourne Identity, The Bourne Supremacy, New York I Love You, Where The Wild Things Are, The Company Man, dan paling terakhir adalah The Town.

Alur dari film ini bisa dibilang tidak membosankan walaupun durasi film ini bisa dibilang hampir 2 jam. Karena kelihaian sinematografi yang apik memuat penonton tetap setia dan anteng menonton film ini hingga akhir. Konflik dari berbagai karakter pemain di pertengahan film juga membuat penonton semakin penasaran dengan apa yang akan dilakukan seorang Eric dan apakah seorang mantan agen jahat seperti Hanseen mampu begitu menyerah begitu saja dengan jebakan dan permainan dari Eric yang seorang pegawai baru FBI yang masih bau kencur pengalamannya. Disamping itu, scoring musik ini juga menjadi andalan film ini. Suasana ketegangan mampu diberikan film ini karna scoring yang pas dan sesuai.

Overall, Breach sebuah kisah nyata menarik yang dituangkan dalam sebuah film oleh Billy Ray Konflik dan permasalahan serta ketegangan dari film Breach menjadi sesuatu yang tidak boleh dilupakan begitu saja. Pesan yang diambil dari film ini juga ada yaitu salah satunya ketika melakukan sesuatu hendaknya diawali dengan doa, apapun masalahmu berdoalah karna pikiranmu akan menjadi jernih setelah berdoa. So tunggu apalagi segera menonton film Breach di bioskop kesayangan anda atau segera ke lapak terdekat karena sepertinya sudah banyak dijual secara film ini produksi tahun 2007. :cheers:

4/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment