Wednesday, April 6, 2011

Triangle (2009)

Salah satu film lama pun muncul silih berganti di tahun 2011, salah satunya film Triangle. Film yang sebenarnya diproduksi tahun 2009 silam akhirnya masuk ke Indonesia juga, entah apa sebabnya. Film bergenre drama misteri ini bisa dilihat dari posternya cukup menjanjikan. Dimana adanya bayangan misterius dari peran utama dengan kepala ditutupi dengan membawa sebuah kapak. Rasa penasaran untuk menonton film ini pun gue alami. Untuk lebih jelasnya, simak curhatan josep berikut ini.

Jese dan teman-temannya melakukan liburan ke sebuah pulau. Tujuan mereka melakukan liburan ini untuk melepaskan kangen rindu dan kejemuan kegiatan mereka sehari-hari. Jese pun tidak membawa anaknya pada liburan kali ini, padahal dia biasanya selalu membawa anaknya kemanapun dia pergi. Sebelum menaiki kapal yang akan mereka tumpangi, Jese merasakan firasat buruk. Dia merasakan sesuatu yang aneh. Terlihat pula ketika dia mengalami mimpi buruk ketika berada di atas kapal tersebut. Firasat sebelum menaikki kapal dan mimpi buruk di atas kapal pun sepertinya sebagai pertanda sesuatu untuk dirinya dan juga teman-temannya. Kejadian demi kejadian aneh pun terjadi ketika mereka memasuki sebuah kapal besar. Satu per satu teman Jese pun mati dengan tragis dan misterius. Di dalam kapal pun Jese melihat ada sosok yang misterius disana. Lalu siapakah sebenarnya sosok misterius tersebut? Apa hubungan dengan kematian teman-teman Jese yang secara misterius dan tragis?

Dilihat dari sinopsis di atas, kita bisa melihat atau menduga bahwa film ini memiliki teka-teki yang besar di dalamnya. Sesuatu yang harus dipecahkan dan diteliti apa dan siapa serta mengapa semua itu terjadi. Cerita yang ditulis oleh Christopher Smith begitu sederhana tapi memiliki tanda tanya besar di dalamnya. Alur yang dibawakan film ini dari awal terlihat maju namun ketika mendekati ending, alur yang disajikan pun seperti maju mundur untuk menjelaskan keseluruhan isi cerita film ini sebenarnya. Film bergenre misteri seperti ini agak berbeda dengan film-film Hollywood lainnya. Entah apa karna gue belum se “sakau” movie lovers lainnya kali yak, jadi gue merasa film ini film misteri terbaik yang pernah gue tonton.

Dari segi peran, gue melihat Mellisa bermain begitu meyakinkan penonton untuk tetap bertahan hingga akhir film ini. Mungkin apa karna pengalaman aktingnya selalu di tipe film seperti ini jadi dia mampu beradaptasi dan tidak terlihat canggung memainkannya. Sebut saja film 30 dayas of night (2007), Turistas (2006). Pemain lainnya terlihat seperti tempelan belaka saja, dan tidak ada yang istimewa. Satu pemain yang sebenarnya cukup menarik untuk diperdalam porsinya, yaitu anak dari Jese. Kalau saja porsi anak ini diperbanyak lagi, menurut gue film ini semakin gila misterinya.

Dari film ini, sebenarnya ada pesan yang dapat kita ambil yaitu kita harus menerima keadaan jika kita harus mengalami sesuatu, baik sedih ataupun senang. Selain itu, sebaiknya kalau kita memiliki keturunan yang kurang baik dari segi mental dan fisik sebaiknya dirawat dengan kasih sayang dan kelembutan, bukan dengan kekerasan karena mental mereka akan semakin terganggu. Teka-teki yang dipenuhi berbagai macam asumsi-asumsi dari segi penonton yang melihatnya, film ini bisa dijadikan tontonan yang menarik. Jika anda mau merasa nyaman menonton film ini, focus dan konsentrasilah ketika menontonnya karena hingga pada akhirnya anda akan mengetahui apa maksud dari teka-teki di film ini. Selamat menonton. :cheers:

3/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment