Saturday, April 9, 2011

Takut (2009)


1.SHOW UNIT 19"
Cerita tentang adanya sosok misterius yang berada di rumah Dina (Marcella Zailanty) dan Bayu (Lukman Sardi). Rumah mereka tiba-tiba menyala, dan memutuskan Bayu untuk mencari tahu siapa yang berada di rumahnya. Setiba disana ternyata Bayu mendapatkan kesialan karena tidak sengaja menusuk anak Andre (Donny Alamsyah), Shira, hingga tewas seketika. Tidak lama kemudian Andre pun datang, untung saja Bayu sudah menyembunyikan Shira di jok belakang mobilnya. Akan tetapi, ketika Andre mau membuka jok tersebut, Bayu langsung menusuknya dan membuat Andre tewas juga. Ketika jok dibuka oleh Bayu, dia pun kaget karena mayat Shira yang disembunyikannya menghilang. Keesokan harinya, Dina mendapat telepon yang mengatakan bahwa Shira diculik dan minta uang tebusan. Lalu, telepon langsung diambil alih Bayu. Kemudian Bayu menuruti permintaan si sosok misterius tersebut. Setelah melakukan instruksi dari sosok misterius tersebut, ternyata Bayu ditipu karena mayat Shira berada di rumah tetangga mereka, Susi (Putri Sukardi).

2.Titisan Naya 14"
Naya (Dina Olivia) adalah seorang putri dari keluarga yang tidak mempercayai adanya mistis. Namund emikian, keluarganya sangat percaya tentang adanya mistis tersebut. Suatu hari, Naya bersama ibunya pergi ke tempat Leo (Junior Lim) untuk mengadakan suatu acara. Acara tersebut bukan acara sembarangan. Tapi karna Naya tidak percaya akan hal itu, dia pun memutuskan untuk masuk ke kamar Leo. Awalnya cuma kangen rindu untuk temu sapa tapi lama kelamaan Naya mulai menggoda Leo. Tiba-tiba lampu rumah mereka mati. Sesuatu pun terjadi disana hingga Naya kesurupan dan menari seperti seorang penari hebat.

Kedua film pendek diatas merupakan bagian dari kumpulan film-film pendek horror "Takut" dari 7 sutradara hebat di tanah air kita. Show Unit sendiri disutradarai oleh Rako Prijanto dengan durasi kurang lebih 19 menit. Sebuah awal yang baik untuk kumpulan film pendek. Dimana penonton diajak semakin penasaran untuk bertahan menyaksikan kumpulan-kumpulan film pendek lainnya hingga akhir. Aksi dari bintang-bintangnya disini bisa dibilang sangat bagus dan berbeda dengan peran yang biasa mereka lakukan. Sebut saja, Lukman Sardi yang tampil begitu berbeda sekali, kita disini bisa melihat bagaimana ekspresi takut, gelisah dari seorang Lukman Sardi. Sebenarnya film ini lebih meyakinkan jika dibuat versi panjangnya.

Film pendek selanjutnya berjudul Titisan Naya. Film yang disutradarai Riri Riza ini mengambil dari segi unsur mistis suatu budaya tertentu. Film yang berdurasi 14 menit ini, bisa dibilang kurang greget karena kurangnya pendalaman lebih dalam dari mistis tersebut. Karakter Dina Olivia disini bisa dibilang kurang greget. Tapi cerita yang diangkat cukup berbeda dengan film pendek lainnya. Overall, menarik walaupun lebih menarik cerita film pendek yang pertama.

No comments:

Post a Comment