Rabu, 02 Februari 2011

Kalung Jailangkung (2011)


http://www.youtube.com/watch?v=L454wq96Lto&feature=player_embedded

Dari judulnya pasti terlintas ini pasti sama saj dengan film-film horror lokal lainnya yang tidak jelas keberadaannya. Dilihat dari sisi poster akan berasumsi bahwa film ini pasti menghadirkan hantu/arwah penasaran setiap scenenya. Apakah semua pertanyaan tadi dapat menjawab semuanya? Mari kita lihat review berikut ini.

Alkisah ada 7 orang mahasiswa yang berencana ingin bermain jelangkung di sebuah hutan yang konon kabarnya cukup angker. Mereka pun akhirnya pergi kesana tapi salah satu teman mereka yang bernama Kiki pergi menyusul teman-temannya seorang diri (gak tau kenapa). Dari awal pun film ini sudah dibumbui komedi yang bisa dibilang lucu tidak, maksa banget, dan jayus pun pastinya. Gue pun semakin bingung kenapa nayato/koya pagayo membuat ide untuk menyisihkan lagu-lagu dangdut di film horrornya dan membuat semua pemain jadi "kesurupan" untuk bergoyang ria. Setiba disana memang sih backsound film ini cukup menegangkan tapi semua jadi runyam ketika ada adegan yang seharusnya lucu buat tertawa tapi jadinya sangat layak untuk "ditertawakan" karena kejayusannya. Di Villa mereka menginap beiitu membuat para pemain cukup takut karna berbagai macam keganjalan-keganjalan di rumah tersebut. Sebelum mereka bermain jelangkung pun para arwah penasaran sudah bergentayangan "narsis" di film ini. Memang cuma film nayato lah yang bisa seperti ini. Padahal setau gue cerita ini muncul setelah mereka bermain Jelangkung di tengah Hutan yang angker itu. Semua berawal dari seorang teman mereka, Kiki yang tiba-tiba jadi aneh setelah bermain jelangkung dan berjalan sendirian ke kuburan ditengah hutan tersebut dan melihat serta mengambil sebuah kalung. Teman-teman Kiki pun semakin parno dan memutuskan untuk berencana pulang ke Jakarta karena keadaan Kiki yang cukup mengkhawatirkan. Dialog yang disajikan di film ini ada beberapa yang cukup membuat gue terbahak-bahak..(cari sendiri). Sesampai di Jakarta sang arwah penasaran pun semakin merajalela "narsis" di semua pemain tapi lebih banyak ke Benny (zaky zimah). Selain "narsis" pun arwah itu pun "maling" semua barang-barang kepunyaan Benny. Dan begonya si Benny malah asik berjayus ria dengan mukanya yang polos dan lagu tersebut dengan si arwah tersebut, tau sendirilah maksudnya. Akhirnya Momon teman mereka mencari paranormal untuk menyembuhkan Kiki. Sumpah ye penampilan paranormal ini benar-benar gothic stylishnya gimana getoo.. Dan semua runyam ketika paranormal malah bergurau jayus ketika mengusir arwah tersebut dari tubuh Kiki. Terus setelah itu apakah paranormal berhasil mengusir arwah penasaran itu dari tubuh Kiki dan kehidupan teman-temannya?

Gue sebenarnya agak bingung dengan maksud cerita film ini karena banyak banget yang aneh. Pertama, kalung itu memang untuk menceritakan asal usul kalung itu tapi kenapa arwah penasaran itu malah mau mengambil kalung itu dari si Kiki? Kedua kenapa ada lagu dangdut di film ini?Terus kenapa juga setiap ada lagu dangdut semua pemain terutama Benny menjadi "kesurupan" ? Ketiga klimaks cerita ini terkesan tanggung banget karena tidak adanya aksi langkah selanjutnya untuk mencari tau lebih lagi tentang kalung yang ditemukan si Kiki. Terakhir Nayato pun ikut ber"narsis" ria di beberapa script. Entah apa maksud dari Nayato untuk membuat dirinya masuk di script film

2/5

2 komentar: