Thursday, February 24, 2011

Black Swan (2010)



http://www.youtube.com/watch?v=5jaI1XOB-bs



Pasti pecinta film sudah tidak asing lagi dengan film berjudul Black Swan. Film ini sudah terdengar sejak akhir tahun 2010 silam, dan semakin eksis terdengar ketika film ini masuk berbagai macam nominasi di ajang Golden Globes dan Oscar. Jika anda menyaksikan trailer film ini pasti memberikan ekspetasi yang lebih terhadap film ini, karena dari trailer pun bisa terlihat bahwa film ini memiliki “sesuatu”. Dari Poster film, terlihat muka seorang wanita yang berkostum seperti angsa dari belakangnya, dan adanya retakan di pipinya sebelah kanan. Apa sih sebenarnya di balik poster yang begitu ciamik tersebut?? *lebai*. Untuk lebih jelasnya, dengarkan curhatan josep berikut ini.

Jadi begini ceritanya, di suatu kota ada perkumpulan ballerina, yang dimana ballerina tersebut bakal membuat suatu pertunjukan yang besar, Swan Lake. Disana terdapat balerina-balerina yang cantik dan handal dalam lekukan tariannya. Para balerina-balerina tersebut pun akhirnya berusaha dan berjuang untuk bermain di pertunjukan tersebut. Dalam pertunjukkan tersebut, ada peran yang dimana paling diincar-incar semua balerina, yaitu Queen Swan. Dimana peran tersebut dapat memerankan peran sebagai Black Swan dan White Swan dalam satu pertunjukan sekaligus. Di tempat tersebut, ada seorang cewek yang bernama Nina. Nina sangat berambisi untuk mendapatkan peran besar tersebut. Namun saingan Nina tidak sedikit karena banyak yang menginginkan peran tersebut, termasuk diantaranya Lily. Pada akhirnya, diumumkan yang lolos seleksi pertama, yaitu Nina, Lily dan teman-teman lainnya. Sebelum diadakannya seleksi ini, sebenarnya Thomas, sang pelopor pertunjukkan ini sudah memiliki pemain yang sering terlibat bersamanya, yaitu Beth. Namun karena beberapa faktor, Beth pun terpaksa digantikan perannya. Sebelum pengumuman, Thomas menguji satu persatu para ballerina yang lolos seleksi pertama. Saingan ballerina pun bertambah satu, yaitu Veronica, wanita plihan Thomas yang jauh-jauh datang dari Negara lain. Sebenarnya, Thomas sudah melirik Nina dari awal untuk menjadi seorang White Swan saja, karena perwatakkan Nina sama dengan apa yang Thom mau. Untuk peran Black Swan sendiri pun, Thomas belum mendapatkannya. Nina pun tekun latihan untuk mendapatkan peran Black Swan tersebut, walaupun ekspresi yang dihasilkannya tidak sesuai dengan dirinya. Suatu hari, Nina memergoki Veronica sedang berduaan dengan Thomas. Vero pun melihat Nina yang memergoki mereka. Setelah melihat itu, Nina besoknya pun melakukan aksi untuk meraih perhatian Thomas. Selain Veronica, saingan berat Nina adalah Lily. Lalu apakah Nina bisa mendapatkan peran Queen Swan tersebut? Bagaimanakah nasib Veronica, Lily, dan Beth selanjutnya? Siapakah yang akan dipilih Thomas diantara mereka bertiga? Nina / Lily / Veronica yang akan menjadi Queen Swan di Swan Lake?

Dari segi cerita, film ini begitu menarik untuk ditonton karena kita bisa melihat bagaimana “sesuatu” yang lain dari seorang Natalie Portman ketika bermain di film ini. Begitu pula dengan Mila Kunis, yang disini juga berperan sebagai antagonis. Konflik yang diangkat cerita ini sebenarnya tidak sulit karena hanya sebuah proses untuk menjadi seorang bintang di suatu pertunjukkan. Namun demikian, ada “sesuatu” yang lain yang diangkat cerita ini selain bagaimana proses Nina, Lily, dan Veronica berusaha mendapatkan peran besar tersebut. Emosi yang ditampilkan oleh para pemain juga begitu apik karena bisa dirasakan oleh penonton ketika saya menonton film ini bersama-sama penonton lainnya di bioskop. Kalau boleh jujur, saya benar-benar terpukau dengan akting yang dimainkan Natalie Portman di film ini. Dia begitu berani, dan mengeluarkan seluruh kemampuan aktingnya. Walaupun semua itu ada “sesuatu” yang sebenarnya belum terjawab hingga akhir film ini.

Kalau dilihat dari berbagai macam penghargaan yang diraih dan antusiasme para pecinta film di Indonesia terhadap film ini, alangkah wajarnya semua itu, karena setelah menonton film ini mereka pasti akan terobati rasa penasaran mereka selama ini terhadap film ini. Kalau dari pesan sendiri, film ini membawa beberapa pesan, diantaranya; jika ingin meraih sesuatu haruslah dengan ketekunan dan kerja keras yang positif; berpikirlah positif agar tidak adanya gangguan yang dapat merugikan kita sendiri; belajarlah menghargai setiap hasil yang ada; bersainglah secara sportif untuk meraih sesuatu. Jika anda penasaran dengan “sesuatu” di film ini, alangkah baiknya anda bersabar dan berdoa agar film ini tayang secara regular di Indonesia. :cheers:



4/5

trailer



1 comment:

  1. bgs dr HK

    ngantuk ntn nya, mn ada adegan lesbian lg cpd

    black swan kyk film kuntilanak 2 yg ngelawan sisi gelap nya.

    ReplyDelete